FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    16 02-2016

    4439

    Penyatuan Semua Layanan Darurat ke Nomor Tunggal 112

    Kategori Sorotan Media | Nuraeni

    Metrotvnews.com, Jakarta: Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mengumumkan penandatanganan MoU dan Perjanjian Kerjasama antara Kemenkominfo dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, hari ini, Kamis (11/2/16), di Balai Kota DKI Jakarta.

    Perjanjian ini meliputi penyediaan layanan nomor tunggal panggilan darurat 112 dan penyebarluasan SMS berisi informasi peringatan dini atas bencana banjir di Provinsi DKI Jakarta, seperti dikutip dari situs resmi Kemnekominfo.

    Direktur Telekomunikasi Khusus, Penyiaran Publik dan Kewajiban Universal Kemenkominfo, Ismail menyebut, Kemenkominfo tengah berupaya menyatukan nomor informasi gawat darurat, termasuk ambulans, pemadam kebakaran dan polisi.

    Penyatuan berbagai nomor menjadi satu ini, jelas Ismail, ditujukan Kemenkominfo untuk mempermudah masyarakat dalam mengingat dan menghubungi nomor tersebut, terutama dalam keadaan panik.

    Selain berlaku secara internasional, nomor ini juga disebut tidak membebankan biaya apapun kepada pengguna, serta tidak memerlukan kartu SIM untuk dapat berkomunikasi.

    Kemenkominfo juga mengumumkan sistem server Kemenkominfo, yang telah terhubung dengan seluruh operator seluler di Indonesia, termasuk Telkomsel, XL, Indosat, dan 3 Hutchison.

    Melalui sistem ini, ungkap Ismail, Kemenkominfo akan terfokus dalam menyebarkan informasi kepada masyarakat yang terkena dampak bencana. Hal ini, lanjut Ismail, sebagai upaya untuk mencegah kepanikan yang mungkin timbul jika informasi disebarluaskan kepada seluruh masyarakat.

    Saat ini, sistem server Kemenkominfo telah terhubung dengan server Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Server ini disebut khusus untuk menyebarkan informasi terkait gempa bumi berpotensi tsunami dan cuaca ekstrem.

    Selain itu, server juga disebut telah terhubung dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta, yang bertugas mendistribusikan informasi banjir untuk masyarakat di sekitar sungai di Jakarta.

    Ismail mengungkap, akan bekerja sama dengan pihak lain, seperti Direktorat Vulkanologi untuk informasi bencana akibat gunung merapi, serta TNI dan Polri untuk informasi keamanan darurat.

    sumber : http://teknologi.metrotvnews.com/read/2016/02/15/484562/penyatuan-semua-layanan-darurat-ke-nomor-tunggal-112

    Berita Terkait

    Keuntungan TV Analog Beralih ke TV Digital

    Mantan Ketua Asosiasi Televisi Swasta Indonesia (ATVSI), Ishadi SK membeberkan beberapa keuntungan ketika TV analog beralih digital. Keuntun Selengkapnya

    Kemenkominfo targetkan pemerataan transformasi digital pada 2022

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menargetkan pemerataan transformasi digital ke daerah, khususnya adanya akses internet Selengkapnya

    Jaga Persatuan Bangsa Lewat Komunikasi Positif

    Sebagai negara yang multikultur, agama dan etnis, Indonesia paling rawan terjadinya konflik berlatar Suku, ras dan agama (SARA). Komunikasi Selengkapnya

    Pemberdayaan Masyarakat Desa Melalui IoT

    Pembangunan infrastruktur telekomunikasi Internet of Thing (IoT) sangat penting dengan adanya kecepatan Internet yang sudah ada dapat menyel Selengkapnya