FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    01 10-2017

    1257

    5 Bukti kerasnya keinginan Jokowi jadikan RI pemimpin ekonomi digital ASEAN

    Kategori Sorotan Media | Evita Devega

    "Sebagai langkah awal, kita harus membangun channel system platform logistic dunia dan produk-produk yang berada di kampung-kampung dan desa," ungkap Presiden dalam rapat terbatas (ratas) tentang pengembangan ekonomi digital di Kantor Presiden, Jakarta Pusat, Selasa (27/9).

    Mantan Wali Kota Solo ini menuturkan, jumlah total populasi di Indonesia sudah mencapai sekitar 255 juta penduduk. Sebanyak 93,4 juta di antaranya adalah pengguna internet. Di samping itu, penjualan produk melalui dunia digital meningkat signifikan.

    "Untuk itu saya minta lakukan percepatan implementasi karena kalau tidak segera kita kejar, kita akan tertinggal dari negara-negara sekitar kita," tegas Presiden.

    Selain itu, Presiden juga menegaskan agar kementerian terkait segera merumuskan regulasi yang menguatkan langkah pelaku ekonomi digital.

    "Lakukan deregulasi besar-besaran untuk berkembangnya industri e-commerce, satu hal lain yang tidak boleh dilupakan ada pelatihan untuk pengembangan kapasitas penting bagi pelaku pemula e-commerce agar semakin mampu bersaing di dunia bisnis," terangnya.

    Presiden menambahkan, kementerian terkait harus memberikan kemudahan kepada pelaku bisnis untuk mendapatkan modal usaha. Termasuk mempercepat infrastruktur telekomunikasi. "Logistic platform, ritel platform yang nantinya bisa jadi principle dan brand Indonesia sendiri," tandasnya.

    Sementara itu, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara berjanji akan menggenjot pengembangan infrastruktur TIK. Hal itu seiring dengan rencana pengembangan ekonomi digital. Perpres dari road map e-commerce pun menjadi landasan kuat pengembangan ekonomi baru itu.

    "Ekonomi Digital Indonesia memiliki tujuan jelas. Di mana beberapa isu penting pada peta e-commerce seperti sumber daya manusia, funding, perlindungan konsumen, pajak, logistik, keamanan siber, payment dan infrastruktur TIK menjadi fokus," jelasnya seperti yang dikutip dari laman resmi Kemkominfo, Senin (18/9).

    Meski begitu, pengembangan ekonomi digital tak bisa berjalan sendiri tanpa bantuan pihak lain. Sebut saja, peran Jack Ma yang didaulat sebagai penasihat ke steering committee road map e-commerce. Di sisi lain kehadiran Jack Ma juga menarik investor agar membenamkan dananya ke negeri ini.

    "Indonesia membutuhkan investor, maka Jack Ma sebagai penasehat e-commerce Indonesia bisa menjadi 'mouth' untuk menarik investor. Jack Ma akan menjadi guru bagi Indonesia untuk mengembangkan ekonomi digital," ungkapnya.

    Tak berhenti di situ, banyak langkah dan bukti Jokowi mewujudkan mimpi Indonesia menjadi pemimpin ekonomi digital ASEAN. Berikut buktinya seperti dirangkum merdeka.com.

    Sumber: https://www.merdeka.com/uang/5-bukti-kerasnya-keinginan-jokowi-jadikan-ri-pemimpin-ekonomi-digital-asean.html

    Berita Terkait

    Kominfo dukung penyandang disabilitas terlibat dalam ekonomi digital

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) telah menyediakan pelatihan bagi para penyandang disabilitas untuk mendorong keterlibatan m Selengkapnya

    Menkominfo: Keterbukaan informasi jadi modal pemerintahan digital

    Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menyatakan keterbukaan informasi publik menjadi modal untuk mewujudkan pemerintahan digit Selengkapnya

    Presiden Jokowi Resmikan Pengoperasian Palapa Ring di Istana Negara

    Proyek pembangunan fiber optik kabel atau Palapa Ring telah selesai 100 persen. Presiden Joko Widodo meresmikan pengoperasian Palapa Ring di Selengkapnya

    Perempuan Hebat, Lakukan Persahabatan dengan Ekonomi Digital yuk!

    Lis Sutijati, (Staf Khusus Menteri Kementerian Komunikasi dan Informatika RI) dalam forum diskusi ekonomi digital Finmas di SMDV D-Lab, di J Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA