FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    04 10-2017

    1457

    Atasi Ancaman Dunia Maya, Kepala Badan Siber Segera Dipilih Jokowi

    Kategori Sorotan Media | Evita Devega

    Dia menyatakan calon kepala BSSN merupakan sosok yang memiliki kompetensi mengenai ancaman di dunia siber.  "Tentu presiden akan menunjuk personel yang punya kualifikasi, kompetensi masalah ini. Tunggu saja," kata Wiranto.

    Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan, nantinya Kepala BSSN dapat berasal dari kalangan profesional maupun pihak pemerintah.  "Punya kompetensi dan kapasitas kapasitas di bidang siber, siber attack khususnya," kata Rudiantara. (Baca: Ada WannaCry, Pemerintah Percepat Pembentukan Badan Siber Nasional)

    Wiranto menambahkan, BSSN perlu dibentuk mengatasi ancaman siber yang saat ini terjadi. Ancaman dunia siber dimanfaatkan para teroris, pembobol bank, dan penyebar hoaks yang dapat membuat kegaduhan.

    "Kalau tidak punya satu pertahanan canggih, kita akan ketinggalan untuk masuk suatu perang baru, proxy war. Perang yang tidak lagi linier, yang tak lagi gunakan cara konservatif," kata Wiranto.

    Selain itu, BSSN akan dibentuk untuk mengorganisasikan berbagai badan siber yang telah ada sebelumnya, seperti di Kepolisian, TNI, BIN, Kementerian Pertahanan, maupun pelaku bisnis di Indonesia. Menurut Wiranto, BSSN akan mencegah adanya tumpang tindih akibat adanya badan siber di banyak lembaga.

    "Karena tugasnya ini memproteksi seluruh kegiatan ini secara nasional. Justru tumpang tindih ini kita hindari, kalau tidak ada badan ini overlapping, tumpang tindih akan terjadi dan akan merugikan kita," kata Wiranto.

    Sebelumnya, dalam rapat dengan pendapat Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat (DPR)  dengan Kominfo, DPR setuju pemerintah mempercepat pembentukan BSSN.

    BSSN dianggap dapat menghalau peredaran konten negatif yang berpotensi menganggu stabilitas negara.  "Saya setuju ini dipercepat pembentukan BSSN, ungkap tuntas siapa pun yang menggunakan media sosial dengan cara yang salah, untuk menyebar pornografi, narkoba, menyebar fitnah, isu SARA untuk dibongkar tuntas," kata anggota Komisi I DPR dari Fraksi PKS Hidayat Nur Wahid di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (28/8).

    Sumber: http://katadata.co.id/berita/2017/10/03/atasi-ancaman-dunia-maya-kepala-badan-siber-segera-dipilih-jokowi

    Berita Terkait

    Proyek Palapa Ring, Layanan Internet Cepat dan Murah dari Jokowi

    Calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo mengungkapkan pembangunan infrastruktur bakal menyasar jaringan telekomunikasi dan internet Palapa Selengkapnya

    Dapat Pesan Kejahatan, Segera Lapor Kemenkominfo

    BANDUNG - Kementerian Komunikasi dan Informatika melanjutkan upaya penertiban penggunaan nomor selular. Tahun 2019, yang menjadi sasaran ada Selengkapnya

    Incar Jawara Dunia, Inilah Strategi RI dalam Ekonomi Digital

    Nusa Dua, Bali - Pemerintah meyakini Indonesia akan menjadi negara dengan ekonomi digital terbesar di dunia pada 2022 setelah China, India, Selengkapnya

    BSSN Pastikan Tak Ada Kejahatan Siber Selama Asian Games

    Jakarta - Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) RI Djoko Setiadi menggelar pertemuan singkat dengan Direktur IT Inasgoc Panji Choesin. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA