FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    09 10-2017

    2279

    Gunakan Medsos untuk Kebaikan

    Kategori Sorotan Media | Evita Devega

    Dukungan Kampung UKM Digital melalui PLUT-KUMKM antara lain : penyediaan sarana dan prasarana, pusat pelatihan IT (Broadband Learning Center), pelatihan KUMKM dan TOT bagi para konsultan pendamping, fasilitasi akses IT ke Sentra UKM (internet gratis selama 1 tahun). Kampung UKM Digital berperan untuk memperkuat peran konsultan pendamping PLUT-KUMKM dalam pelayanan dibidang perluasan akses pasar.

    Sesuai dengan Perjanjian Kerja Sama dengan PT Telkom Tbk, Kampung UKM Digital akan dibangun di 49 PLUT-KUMKM. Sampai saat ini, baru 25 Kampung UKM Digital telah dibangun dan operasional, selebihnya sebanyak 24 masih dalam proses.

    Staf Ahli Menteri Bidang Hukum Kementerian Kominfo RI, Henri Subiakto, dalam Pembukaan dan Peluncuran Literasi Pengguna Media Sosial bagi Mahasiswa Pengguna Medsos dengan tema “sebarkan 1000 kebaikan di Dunia Maya dan Bersama Kita Tolak Hoax”. Mengatakan riset membuktikan empat dari 10 orang Indonesia aktif bermedsos. Sebagian besar masyarakat tidak bisa hidup lebih dari tujuh menit tanpa ponsel. Akses internet rata-rata delapan jam sehari.

    “Begitu vitalnya akses internet, khusus media sosial, ini bisa digunakan orang-orang sebagai alat untuk mencapai tujuan, baik yang bersifat positif maupun negatif, ” ungkap Henri

    Beraneka postingan pada media sosial dapat membuat masyarakat terprovokasi terhadap aktivitas di dunia maya kendati muaranya hanya Hoax, Hate Speech, Provokasi dan lain sebagainya. Sehingga masyarakat di minta untuk berhati-hati dalam memahami penggunaan media sosial.

    Selain itu masyarakat juga di himbau untuk tidak memposting hal buruk di media sosial sebab dapat menjadi jejak digital anda.

    “Khususnya bagi yang sedang mencari kerja. Karena sekarang, jejak digital Anda gampang dideteksi menggunakan media sosial. Seperti apa Anda, tercermin dalam akun medsos, ” ungkapnya.

    Kepala Dinas Komunikasi Informasi dan Sistem Persandian (KISP) Sulsel, Andi Hasdullah mengatakan, saat ini,  konten medsos mengandung banyak info hoax, kebohongan, kebencian, hatespeech, caci maki, isu berbau SARA, dan pornografi, menjadi ancaman yang sangat serius.

    “Ini menjadi ancaman yang sangat serius, berpotensi memicu perpecahan dan mengancam soliditas dan kebhinekaan kita. Bahkan, peradaban kita yang tentu akan menghambat upaya percepatan pembangunan bangsa dan kesejahteraan masyarakat,” kata Andi Hasdullah.

    Di era digital seperti sekarang ini, arus komunikasi informasi secara online tidak bisa dibendung. Sehingga, yang perlu kita lakukan adalah meningkatkan ketahanan netizen terhadap info yang negatif melalui edukasi atau literasi pengguna medsos yang santun dan produktif, dan mampu memfilter info yang bertebaran di dunia maya tersebut.

    Ia menambahkan, pihaknya akan mulai dari komunitas-komunitas pengguna medsos, seperti pelajar dan mahasiswa. Pihaknya akan menggalakkan Gerakan Ayo Santun dan Produktif di Dunia Maya.

    Karena itu, dia mengajak 500 mahasiswa dari lima perguruan tinggi (PT) di Sulsel untuk ikut berkampanye literasj pengguna medsos yang santun dan produktif. PT yang terlibat diantaranya Universitas Hasanuddin (Unhas) , Universitas Negeri Makassar (UNM), Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin, Universitas Islam Makassar (UIM), dan Universitas Muslim Indonesia (UMI). (SF).

    Sumber: https://sulawesion.com/2017/10/04/gunakan-medsos-untuk-kebaikan/ 

    Berita Terkait

    Kominfo memberi pelatihan digital untuk eks pekerja migran

    Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Komunikasi dan Informatika memberi pelatihan digital untuk eks Pekerja Mig Selengkapnya

    Kominfo siapkan desk khusus untuk kebakaran hutan dan lahan

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menyiapkan desk khusus untuk pencegahan kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Ini sebagai p Selengkapnya

    Pesan Kemenkominfo untuk Industri PR Hadapi Pandemi

    Dirjen Informasi Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Widodo Muktiyo mengemukakan beberapa hal yang perlu Selengkapnya

    Septriana Tangkary: Gunakan Media Sosial untuk Berkarya Menghasilkan Sesuatu

    POS-KUPANG.COM | LABUAN BAJO - Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim Ditjen IKP Kementerian Kominfo Septriana Tangkary, Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA