FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    16 10-2017

    1347

    Data Pelanggan Dikhawatirkan Bocor, BRTI: Ada UU-nya!

    Kategori Sorotan Media | Evita Devega

    Keraguan ini muncul setelah operator mendapatkan kuasa dari Dukcapil atas data kependudukan agar dapat melakukan verifikasi atas data pelanggan operator. Banyak yang meragukan operator akan melakukan penyalahgunaan data pelanggan.

    Ditengah adanya kekhawatiran sejumlah kalangan tersebut, Direktur Jenderal Dukcapil Zudan Arif Fakrulloh mengatakan bahwa operator hanya bisa melakukan pengubahan atau menghapus data pada database mereka.

     

    “GAK PERLU TAKUT,” UJARNYA

     

    Komisioner Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) I Ketut Prihadi Kresna membenarkan pernyataan Dukcapil tersebut karena data pelanggan yang telah diinput tersebut hanya akan menjadi jembatan saja di operator sebelum ke database Dukcapil.

     

    Ketut mengatakan, jika operator berani-beraninya melakukan penyalahgunaan atau mengutak-atik data tersebut, akan ada sanksi dari regulator. Aturan ini tertuang di UU Nomor 36 Tahun 1999 tentang Telekomunikasi.

     

    “Dalam undang-undang itu operator wajib merahasiakan data pelanggan,” kata Ketut.

     

    Ketut menghimbau bagi pelanggan prabayar yang khawatir dengan registrasi yang membutuhkan data kependudukan untuk validasi ini agar tidak takut.

    “Apa susahnya mendaftar, kan ini di Dukcapil. Data ini cuma numpang lewat di operator,” jelasnya.

     

    Seperti yang diketahui, Kemkominfo akan segera menerapkan aturan baru registrasi kartu prabayar. Pada aturan ini, baik pelanggan lama maupun baru diharuskan melakukan registrasi.

    Registrasi ini memerlukan data kependudukan seperti Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan nomor Kartu Keluarga ini akan digunakan sebagai syarat verifikasi atas data pelanggan operator.

    Sumber: https://winpoin.com/data-pelanggan-dikhawatirkan-bocor-brti-ada-uu-nya/

    Berita Terkait

    Data Pengguna Media Sosial Disadap, Menkominfo: Jelas Hoax

    Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara membantah adanya penyadapan dan perekaman data seluruh pengguna media sosial seperti Facebook Selengkapnya

    Masa Pemilu, Anak Muda Diminta Bijak Gunakan Jari di Media Sosial

    VIVA – Pemilih pemula dalam Pilpres 2019 menjadi perhatian dari berbagai pihak, salah satunya Kementerian Komunikasi dan Informatika dan K Selengkapnya

    Kala Internet Membangun dan Menyatukan Bangsa

    Adalah Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) yang terus membangun infrastruktur di kawasan perdesaan, perbatasan, serta mening Selengkapnya

    Puluhan Juta Pelanggan Registrasi Ulang SIM Card

    Hingga akhir November 2017, sekitar 88 juta pelanggan kartu prabayar telah melakukan registrasi ulang dengan menyertakan nomor Kartu Keluar Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA