FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    07 12-2019

    874

    Dirjen IKP Ajak Dinas Kominfo Tingkatkan Pemerataan Sebaran Informasi

    Kategori Berita Kementerian | Yusuf
    Dirjen IKP Kementerian Kominfo Widodo Muktiyo menyematkan PIN Government Public Relations kepada Kepala Dinas Kominfo. Penyematan itu berlangsung usai Pembukaan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Urusan Informasi dan Komunikasi Publik Tingkat Provinsi, di Jakarta, Jumat (06/12/2019). - (AYH)

    Jakarta, Kominfo - Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika, Widodo Muktiyo mengajak seluruh Dinas Kominfo di seluruh Indonesia untuk menyebarkan informasi kepada publik secara merata. 

    "Kita punya tantangan besar tahun depan, terkait dengan memasuki masyarakat informasi. Jangan sampai kominfo berperan setelah segala sesuatu terjadi, sehingga kesannya jadi pemadam kebakaran. Kominfo harus mampu membangun jejaring dengan stakeholders untuk mencermati dan mengkaji langkah-langkah strategis dalam menghadapi isu kekinian," ungkapnya saat membuka Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Urusan Informasi dan Komunikasi Publik Tingkat Provinsi, di Jakarta, Jumat (06/12/2019).

    Bahkan secara khusus, Dirjen IKP mengharapkan adanya penguatan  fungsi komunikasi serta koordinasi dari pusat hingga kabupaten/kota. "Saya  berharap fungsi komunikasi menguat serta koordinasi dari pusat hingga kabupaten/kota selaras. Dan saya mewajibkan seluruh Dinas Kominfo untuk memiliki akun media sosial agar sebaran informasi ke publik lebih meluas," ungkapnya.

    Dirjen IKP Widodo Muktiyo juga mengingatkan bahwa Kominfo memiliki program beasiswa talenta digital, Digital Talent Scholarship. Program itu ditujukan untuk meningkatkan jumlah talenta digital Indonesia. “Kominfo dalam program ini tidak bekerja sendiri, melainkan juga menggandeng ratusan perguruan tinggi untuk mengajar masyarakat tentang teknologi informatika,” imbuhnya.

    Melalui Rakornas itu, Dirjen Widodo menekankan koordinasi antarpihak agar mampu menjawab tantangan sektor informasi dan komunikasi ke depan. Mulai darikebijakan strategis Kementerian Kominfo periode 2020-2024 dalam mendukung 5 fokus pembangunan nasional. "Termasuk meningkatkan efektivitas pengelolaan informasi dan komunikasi publik di era industri 4.0," ungkapnya. 

    Dalam Rakornas juga dibahas sinergitas program kegiatan urusan sub urusan IKP Tahun 2020, aplikasi konten Bagimu Negeri-Bakti Nyata Anak Negeri, serta pelatihan teknis aplikasi konten Bagimu Negeri-Bakti Nyata Anak Negeri. Sebagai bentuk komitmen dalam penyebarluasan informasi dan komunikasi publik, diakhir acara Dirjen Widodo menyematkan PIN Government Public Relations kepada semua kepala Dinas Kominfo yang hadir. "Dengan pin tersebut diharapkan mampu membangkitkan motivasi, inovasi dan kreasi dalam penyebaran dan pengembangan informasi dan komunikasi," ungkapnya. (hm.ys)

    Berita Terkait

    Tes PCR Tidak Bisa Bedakan Terpapar dan Terinfeksi? Itu Hoaks!

    Beredar pada platform media sosial sebuah narasi yang menyebutkan bahwa tes PCR (Polymerase Chain Reaction) tidak bisa membedakan terpapar d Selengkapnya

    Kucing dan Anjing Tak Bisa Tularkan Corona? Itu Disinformasi!

    Beredar konten di media sosial Facebook yang mengutip pernyataan WHO soal kucing dan anjing tidak bisa menularkan Virus Corona. Narasi konte Selengkapnya

    Jelang Pikada Serentak, Menkominfo Ajak Masyarakat Bangun Demokrasi Sehat di Ruang Digital

    Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate meminta agar selama Pilkada Serentak 2020 berlangsung masyarakat dapat menjaga ruang digi Selengkapnya

    Kominfo: IoT Solusi Penanganan Krisis Kesehatan dan Ekonomi

    Kementerian Komunikasi dan Informatika mendorong pemanfaatan Internet of Things (IoT) sebagai solusi penanganan krisis kesehatan dan ekonomi Selengkapnya