FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    25 08-2020

    674

    Awas Disinformasi, Kebakaran Gedung Kejaksaan Agung Petanda Pemutihan Perkara!

    Kategori Berita Kominfo | doni003

    Jakarta, Kominfo - Sebuah konten video berisi gedung terbakar diunggah salah satu pemilik akun Facebook. Dalam unggahan itu terdapat narasi, "Tanggal 22 Agustus jam 7 malam terjadi kebakaran di gedung Kejaksaan Blok M, untuk yang melintas mungkin untuk mencari jalur yang lain dulu ya karena pasti akan terjadi penutupan jalan sekitar sini.”

    Narasi unggahan video itu juga memuat informasi untuk sementara ini blanwir belum sampai lokasi masih menunggu sementara diamankan oleh petugas setempat untuk clear area"

    Video tersebut diunggah dan diberi keterangan, "Bkn kebakaran... Tapi lgi pemutihan. KEREN lgi gedung KPK nya ikutan kebakar."

    Hasil penelusuran Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menunjukkan fakta bahwa klaim kebakaran gedung Kejaksaan Agung pemutihan perkara tidak benar.

    Peristiwa dalam tayangan video tersebut merupakan kebakaran gedung utama Kejaksaan Agung di Jalan Sultan Hasanuddin, Jakarta Selatan, Sabtu (22/08/ 2020).

    Kejaksaan Agung memastikan tidak ada satupun berkas perkara yang rusak akibat kebakaran hebat di gedung utama Kejaksaan Agung. Seluruh proses penyelidikan dan penyidikan kasus akan terus berjalan.

    Berikut laporan isu hoaks dan disinformasi yang telah diidentifikasi Tim AIS Kementerian Kominfo, Selasa (25/08/2020):

    1. Virus Corona Sengaja Disebar oleh Dokter, Tenaga Medis dan Apoteker
    2. Anies Batalkan Pemasangan Masker di Patung Jendral Sudirman karena Dianggap Tidak Waras oleh Warga
    3. Foto Penampakan Sosok Berbaju Putih di Gedung Kejaksaan Agung yang Terbakar
    4. Kebakaran Gedung Kejaksaan Agung Pemutihan Perkara
    5. Pernyataan Maruarar Sebut Orang yang Tak Pilih Jokowi Bodoh dan Gila

    Berita Terkait

    Awas Hoaks! Video Tips Ketahui Tingkat Kejantanan Pria

    Hasil penelusuran Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan fakta klaim dalam video tersebut tidak benar. Selengkapnya

    Awas Hoaks Mobilisasi Taruna STIN dalam Pemilu 2024!

    STIN menegaskan mereka hanya melaksanakan hak konstitusional dan menggunakan hak pilihnya, bukan melakukan operasi intelijen seperti yang di Selengkapnya

    Temuan Gudang Kotak Suara Ganda Makassar? Itu Hoaks!

    Klaim narasi yang menyatakan bahwa ditemukannya gudang kotak suara ganda di Kota Makassar untuk kecurangan Pemilu 2024 adalah keliru dan tid Selengkapnya

    Awas Hoaks, KPU Coret Nama Gibran dan Jatuhkan Denda Rp50 Miliar

    Faktanya, klaim yang menyatakan bahwa KPU mencoret nama Gibran dari daftar Cawapres dan menjatuhkan denda Rp50 miliar tidak benar. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA