FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    07 04-2021

    654

    Balmon Manado Gelar Mobile MOTS dna Kampanye Publik

    Kategori Berita Kominfo | srii003

    Manado, Kominfo - Balai Monitor Spektrum Frekuensi Radio Kelas II Manado Ditjen Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika  membuka loket layanan maritime on the spot (MOTS). Selain loket tetap di PPS Bitung, secara bergerak, layanan dan kampanye publik berlangsung di PPP Tumumpa Manado, Pelabuhan Belang Minahasa Tenggara dan Pelabuhan Amurang Minahasa Selatan.

    “Tujuan kegiatan ini agar para nelayan memiliki kecakapan dalam mengoperasikan dan berkomunikasi menggunakan frekuensi radio, sehingga semakin mengerti mengoperasikan stasiun radio dan pada akhirnya dapat meminimalkan, bahkan menghilangkan gangguan frekuensi radio pada penerbangan,” kata Direktur Operasi Sumber Daya Ditjen SDPPI Dwi Handoko, dalam sambutan Bimbingan Teknis Sertifikasi Operator Radio untuk Nelayan, yang disampaikan secara daring  Selasa (06/04/2021).

    Sementara itu, Kepala Balai Monitor Manado Hermanto menjelaskan dibukanya sejumlah loket mobile bertujuan memudahkan para nelayan. Setiap loket tak hanya melayani pengurusan ISR. “Melainkan juga memberikan layanan sertifikasi operator radio untuk nelayan,” katanya.

    Hadir sebagai narasumber bimtek Meilince Tenda dari KSOP Manado yang membawakan materi terkait tatacara menerbitkan buku pemeriksaan radio (Buku Kuning). Selanjutnya narasumber kedua Kepala Pelabuhan Perikanan Pantai Tumumpa Manado Audi Dien yang membawakan materi tentang data kapal yang beroperasi di Pelabuhan Tumumpa. Sedangkan instruktur dalam bimtek yaitu Kasno dengan materi Peraturan Radio dan Gangguan Frekuensi Radio. Instruktur lainnya, Monica S Mumu membawakan materi Tatacara berkomunikasi.

    Bimbingan Teknis Sertifikasi Operator Radio diikuti 34 peserta. Acara berlangsung interaktif saat masing-masing nelayan atau ABK diminta berkomunikasi menggunakan alat Peraga yang telah disediakan. Dalam kegiatan itu juga dilakukan public campaign terkait upaya Balmon Manado menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK). Seluruh peserta diminta membubuhkan tanda tangan sebagai bentuk dukungan dan komitmen dalam menghilangkan Korupsi.

    “Balmon SFR Kelas II Manado berkomitmen memberantas korupsi. Dan, perlu disampaikan, penerbitan ISR Kapal Laut dan Sertifikasi Operator Radio SRC/LRC adalah gratis,” tegas Hermanto.

    Berita Terkait

    [Berita Foto] Menkominfo Terima Kunjungan Dubes Bulgaria

    Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menerima kunjungan Duta Besar Bulgaria untuk Republik Indonesia HE. Mr. Petar Andonov di Selengkapnya

    Kominfo Gelar Pelatihan TIK dan Pengenalan AI Bagi Tenaga Pendidik

    Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi dalam sambutannya yang dibacakan Asisten Pemerintahan dan Kesra Hilarius Madin menyampaikan saat ini Selengkapnya

    Dua Pekan, Gelaran MOTS PPS Bitung Terbitkan 212 ISR

    Hingga pekan kedua Desember 2020, Loket Layanan Maritime on the Spot (MOTS) Pelabuhan Perikanan Samudera (PPS) Bitung telah menerbitkan 212 Selengkapnya

    Menko Maritim Ajak Generasi Milenial Terapkan Budaya Bahari

    Sebagai negara kepulauan terbesar di dunia yang memiliki garis pantai terpanjang nomor dua di dunia sepanjang 108.000 kilometer, Indonesia Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA