FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    02 06-2021

    423

    Awas Hoaks! Anak-Anak Kebal Terhadap Virus Covid-19

    Kategori Berita Kominfo | srii003

    Jakarta, Kominfo – Beredar di media sosial Facebook, video seorang perempuan yang mengklaim diri sebagai peneliti. Konon, ia menyatakan anak-anak kebal terhadap virus Covid-19. Ia pun menyebutkan jika anak-anak yang meninggal dalam waktu satu tahun ini tidak ada kaitannya dengan virus Covid-19.

    Hasil penelusuran Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan bahwa informasi itu salah. Faktanya, berdasarkan kasus di beberapa negara ternyata  anak-anak tidak kebal terhadap Covid-19.

    Dilansir dari NPR, data American Academy of Pediatrics (AAP) menunjukkan jumlah anak-anak terinfeksi Covid-19 di beberapa negara bagian di Amerika Serikat baru-baru ini mencapai 22,4 persen. Angka itu lebih tinggi dibandingkan pada tahun 2020 saat pandemi baru terjadi, yakni sebesar 3 persen.

    Sedangkan anak-anak di Indonesia pun juga tertular Covid-19. Jumlah anak-anak di Indonesia yang positif Covid-19 hingga 20 Desember 2020 mencapai 74.249 orang. Sedangkan data klaster sekolah atau pesantren sudah mencapai 3.711 kasus dan tersebar di berbagai provinsi.

    Berikut laporan isu hoaks, misinformasi dan disinformasi yang telah diidentifikasi Tim AIS Kementerian Kominfo, Rabu (02/06/2021):

    [HOAKS] Anak-Anak Kebal Terhadap Virus Covid-19

    [HOAKS] Survei 7 dari 10 Orang di Amerika Serikat Tolak Vaksin Covid-19

    Berita Terkait

    Awas Hoaks! Give Away DPKP Kota Bandung

    Pemerintah Kota Bandung mengimbau masyarakat agar tidak menanggapi dan berhati-hati terhadap akun yang mengatasnamakan DPKP Kota Bandung. Selengkapnya

    Awas Hoaks! Antre Panjang di Pelabuhan Gilimanuk Awal April 2024

    Fakta dari akun Instagram resmi @poldabali klaim video antrean panjang itu hoaks. Selengkapnya

    Awas Hoaks! Ada Lumpur Mengandung Gas di Wilayah Konstruksi IKN

    Deputi Sarana dan Prasarana IKN, Silvia Halim, juga menegaskan bahwa unggahan video tersebut hoaks. Selengkapnya

    Awas Hoaks! Pemerintah Akan Berikan Tambahan BPNT Tahap 2

    Kemensos RI memberikan klarifikasi melalui akun Instagram resmi @kemensosri, ternyata tidak pernah membuat tautan terkait pendaftaran maupun Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA