FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    05 08-2021

    578

    Video Pengibaran Bendera Asing, Awas Disinformasi!

    Kategori Berita Kominfo | doni003

    Jakarta Pusat, Kominfo – Beredar konten unggahan video yang menampilkan pengibaran bendera di udara dengan menggunakan helikopter.  Dalam narasi video disebutkan bahwa bendera berwarna merah tersebut adalah bendera negara China yang dikibarkan di wilayah Indonesia.

    Hasil penelusuran Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan fakta, informasi yang mengklaim bahwa bendera yang dikibarkan dengan helikopter tersebut adalah bendera China, tidak benar.

    Berdasarkan hasil penelusuran, diketahui bahwa bendera yang dikibarkan dengan helikopter tersebut adalah bendera Raksasa Tri Matra berukuran 30 meter x 20 meter yang didalamnya memuat logo Tentara Nasional Indonesia (TNI), TNI Angkatan Darat, Angkatan Udara, dan Angkatan Laut.  Kegiatan tersebut sudah dilakukan sejak kemarin Senin, 2 Agustus 2021.

    Sejumlah helikopter TNI AU telah melaksanakan latihan terbang di Lanud Atang Sendjaja, Bogor untuk puncak peringatan HUT Ke-76 RI pada 17 Agustus 2021 mendatang.

    Berikut laporan isu hoaks, misinformasi dan disinformasi yang telah diidentifikasi Tim AIS Kementerian Kominfo, Kamis (05/08/2021):

    Berita Terkait

    Pemilu 2024 Tak Gunakan Undangan Fisik, Itu Hoaks!

    Komisioner KPU RI Idham Holik membantah surat pemberitahuan atau undangan fisik untuk pemilih tidak lagi ada pada Pemilu 2024. Selengkapnya

    Awas Hoaks! Video Pemulangan Pengungsi Rohingya

    Hasil penelusuran Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan fakta klaim narasi pada video tersebut keliru. Selengkapnya

    Wabah Pneumonia Cina Varian Baru Covid-19, Awas Hoaks!

    Faktanya, klaim yang beredar tersebut tidak benar. Selengkapnya

    Pemberangkatan Pasukan TNI ke Palestina? Itu Disinformasi!

    Konon pemberangkatan pasukan TNI tersebut dikaitkan dengan perang yang terjadi di wilayah Gaza, Palestina. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA