FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    02 07-2023

    340

    Ponpes Al-Zaytun Disegel Polisi, Itu Disinformasi!

    Kategori Berita Kominfo | srii003

    Jakarta Pusat, Kominfo – Beredar konten unggahan video di media sosial Facebook berisi informasi  Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Zaytun di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, disegel polisi. Dalam keluku atau thumbnail video terdapat gambar yang memperlihatkan sejumlah polisi sedang menangkap pimpinan Ponpes Al-Zaytun Panji Gumilang.

    Hasil penelusuran Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan fakta dalam video tidak ditemukan informasi soal penyegelan Ponpes Al-Zaytun. Narator video hanya membacakan artikel dari depok.suara.com berjudul “Panji Gumilang Remehkan Tudingan Penistaan Agama dan Pelecehan Seksual, Pendiri Al-Zaytun Jawab Santai: Itu Ngayal".

    Berdasarkan data kompas.com, gambar keluku  identik dengan foto dalam artikel detik.com berjudul "Kabareskrim Sarankan Ortu Tarik Anaknya dari Ponpes Shiddiqiyah Jombang". Dalam gambar aslinya, pria yang ditangkap bukan Panji Gumilang, tetapi Moch Subchi Azal Tsani alias Mas Bechi yang merupakan terdakwa kasus pemerkosaan terhadap santriwati di Pesantren Majma'al Bahrain Hubbul Waton Minal Iman Shiddiqiyyah, Kabupaten Jombang, Jawa Timur. 

    Artikel tersebut memuat pernyataan Panji Gumilang yang membantah soal tuduhan penistaan agama. Selain itu, narator video juga membacakan artikel di laman bandung.viva.co.id berjudul "Alumni Ponpes Al Zaytun Bongkar Adzan Nyeleneh: Ada di Zaman Saya Saat Mau Lulus". Artikel tersebut memuat pernyataan salah satu alumnus Ponpes Al-Zaytun terkait cara azan yang nyeleneh. Sampai saat ini tidak ditemukan informasi valid soal penyegelan Ponpes Al-Zaytun.

    Berikut laporan harian isu hoaks, dan disinformasi yang telah didentifikasi oleh Tim AIS Kementerian Kominfo,  Minggu  (02/07/2023):

    1. [[HOAKS] Akun Facebook Mengatasnamakan Bupati Bondowoso
    2. [DISINFORMASI] Pendukung Presiden Jokowi Bakar Rumah Ketua BEM UI
    3. [DISINFORMASI] Presiden Jokowi Memecat Moeldoko karena Mengaku Menjadi “Beking” Ponpes Al-Zaytun

     

    Berita Terkait

    Pemilu 2024 Tak Gunakan Undangan Fisik, Itu Hoaks!

    Komisioner KPU RI Idham Holik membantah surat pemberitahuan atau undangan fisik untuk pemilih tidak lagi ada pada Pemilu 2024. Selengkapnya

    Pemberangkatan Pasukan TNI ke Palestina? Itu Disinformasi!

    Konon pemberangkatan pasukan TNI tersebut dikaitkan dengan perang yang terjadi di wilayah Gaza, Palestina. Selengkapnya

    Sejuta Ton Beras Sintetis Beracun Asal Cina Beredar di Bukittinggi, Awas Disinformasi!

    Barang yang dibongkar dari kapal adalah beras yang diimpor oleh Badan Urusan Logistik (Bulog) dari Vietnam, bukan Cina. Selengkapnya

    Bahaya Vaksin Covid-19 pada Organ Jantung Manusia, Itu Disinformasi!

    Klaim yang menyebutkan bahaya Vaksin Covid-19 pada organ jantung manusia adalah tidak benar. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA