FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    09 10-2023

    351

    AIS Forum Bangun Era Baru Pertumbuhan Ekonomi Biru Berkelanjutan

    Kategori Rilis Media GPR | mth
    Kepala Sekretariat AIS Forum, Riny Modaso Senin (9/10/2023) di Bali mengungkapkan bahwa dialog tingkat tinggi ini mengundang pemimpin dunia, pakar/ahli bidang ekonomi, investor, dan pelaku bisnis untuk terlibat membahas kelangsungan dan pengembangan sektor ekonomi biru.

    SIARAN PERS

    TIM KOMUNIKASI DAN MEDIA KTT AIS FORUM 2023

    No.48/SP/TKM-AISFORUM2023/10/2023

     

    AIS ForumBangun Era Baru Pertumbuhan Ekonomi Biru Berkelanjutan

    Badung, 9 Oktober 2023Forum Negara-Negara Pulau dan Kepulauan atau Archipelagic and Island States (AIS) Forum menggelar AIS Blue Economy High Level Dialoguesebagai rangkaian side event dari Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) AIS Forum 2023.

    Diskusi yang digelar di Hotel Mulia, Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali itu mengundang pembicara dari berbagi sektor, dengan mengusung tema  "Forging a New Era of Sustainable Blue Growth in Archipelagic and Island States." Acara diskusi tingkat tinggi ini bertujuan membentuk era baru pertumbuhan ekonomi biru yang berkelanjutan dan memperkuat kolaborasi dalam pembiayaan biru guna mempercepat implementasinya.

    Kepala Sekretariat AIS Forum Riny Modaso, Senin (9/10/2023) di Bali mengungkapkan bahwa dialog tingkat tinggi ini mengundang pemimpin dunia, pakar/ahli bidang ekonomi, investor, dan pelaku bisnis untuk terlibat membahas kelangsungan dan pengembangan sektor ekonomi biru.

    “Fokus utama dialog ini adalah untuk mengidentifikasi peluang dan hambatan utama dalam mengembangkan ekonomi biru yang andal di negara-negara pulau dan kepulauan, serta memfasilitasi pertukaran pengetahuan dan keahlian antara peserta untuk meningkatkan kapasitas negara-negara kepulauan dalam mengembangkan, melaksanakan, dan memantau inisiatif ekonomi biru,” ujar Riny.

    Ditegaskan Riny bahwa negara-negara pulau dan kepulauan adalah negara yang paling berpotensi terkena dampak perubahan iklim, sehingga harus mampu memanfaatkan peluang dari ekonomi biru yang berkelanjutan.

    “Namun, sebagian besar dari mereka belum memanfaatkan sepenuhnya tren ekonomi biru ini karena kurangnya sarana investasi dan pendanaan swasta, kurangnya lingkungan pendukung, serta risiko yang ada, seperti tekanan utang dan kerentanan iklim,” jelasnya.

    Sebanyak lebih dari 500 peserta AIS Blue Economy High Level Dialogue, kata Riny, merupakan perwakilan dari Kementerian/Lembaga Republik Indonesia, pemimpin dunia usaha dan industri yang tertarik pada isu keberlanjutan, para ahli, akademisi, praktisi, mitra lembaga pembangunan, LSM, mahasiswa, hingga CSO. Mereka semua berkumpul untuk berdiskusi dan berkolaborasi dalam upaya memajukan ekonomi biru.

    “AIS Blue Economy High Level Dialogue adalah langkah penting dalam menjaga kesetaraan dan memastikan negara-negara pulau dan kepulauan dapat meraih manfaat penuh dari pertumbuhan ekonomi biru yang berkelanjutan. Kami berharap dialog ini akan menghasilkan solusi yang inovatif untuk tantangan ekonomi biru di masa depan,” tutupnya. 

    ***

    Tentang AIS Forum:

    Archipelagic and Island States (AIS) Forum adalah sebuah wadah kerja sama antarnegara pulau dan kepulauan sedunia yang bertujuan memperkuat kolaborasi untuk mengatasi permasalahan global dengan empat area utama, yakni mitigasi dan adaptasi perubahan iklim, ekonomi biru, penanganan sampah plastik di laut, dan tata kelola maritim yang baik. KTT AIS Forum diadakan untuk menguatkan peran AIS Forum sebagai pusat solusi cerdas dan inovatif, serta sebagai platform gotong royong dalam mendorong agenda masa depan tata kelola laut global.

    Untuk Informasi lebih lanjut, silakan menghubungi kontak di bawah ini.

    Thomas Benmetan, Head of Marketing & Communication, Sekretariat AIS Forum (thomas.benmetan@undp.org)

    Dapatkan siaran pers, narasi, foto, dan video terkait KTT AIS Forum 2023 di https://s.id/aispedia

    Berita Terkait

    AIS Forum Gandeng Akademisi Kembangkan Sistem Perikanan Berkelanjutan

    AIS Forum mengajak sejumlah perguruan tinggi dan lembaga penelitian berkolaborasi mengembangkan solusi inovatif dari masalah tersebut. Selengkapnya

    Indonesia Ajak Negara AIS Perkuat Pariwisata Berkelanjutan

    Yang menjadi tujuan bersama adalah mewujudkan mitigasi dan adaptasi perubahan iklim, ekonomi biru, penanganan sampah plastik di laut, dan ta Selengkapnya

    AIS Forum Bantu Pemulihan Terumbu Karang di Pantai Jayapura

    Indonesia sebagai salah satu negara kepulauan terbesar di dunia berada di salah satu ekosistem terumbu karang yang paling beragam di dunia, Selengkapnya

    AIS Forum Latih Pemuda Menyiapkan Tata Kelola Laut

    AIS Forum telah memulai misi untuk melibatkan pemimpin pemuda potensial dan calon pembuat perubahan dari sejumlah komunitas adat di Kepulaua Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA