FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    09 01-2017

    1219

    Olga Lydia: Banyak yang Tertipu Hoax, Tahan Jempol Sebar Kabar

    Kategori Sorotan Media | diandra

    Liputan6.com, Jakarta - Pendeklarasian dan sosialisasi dari Masyarakat Indonesia Anti-Hoax untuk menyaring berita bohong mendapat apresiasi dari warga yang berada di kawasan car free day Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat. Salah satu artis sekaligus Duta Anti-Hoax Olga Lydia mengatakan, masyarakat seharusnya tidak langsung membagikan berita yang diperolehnya sebelum mengetahui kebenarannya.

    "Karena banyak yang tertipu dengan hoax sehingga kita harus menahan dalam menggerakkan jempol kita. Kalau ragu dan enggak sempet mengecek mendingan enggak usah di share lah," ucap Olga di Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Minggu (8/1/2016).

    Dia juga mengingatkan, pembuat hoax akan lebih diuntungkan dari sikap masyarakat yang ikut serta dalam penyebaran berita bohong tersebut.

     

    "Jangan salah, karena setiap 100 ribu klik itu mereka mendapatkan Rp 1,3 juta. Karena menurut saya kasihan sekali banyak orang yang kaya karena menipu dari hoax," papar Olga.

     

    Senada dengan pernyataan tersebut, seorang warga Jakarta Pusat Eko Setiawan (34) menyatakan dukungannya terhadap kegiatan sosialisasi dan deklarasi dari Masyarakat Indonesia Anti-Hoax.

     

    "Kegiatan sosialisasi seperti sangat membantu memberikan informasi kepada masyarakat terkait hoax yang kadang kala membuat adanya pertengkaran, perdebatan panjang lebar di media sosial," ujar dia.

     

    Selain itu, masyarakat seharusnya lebih bijak dalam penyebaran hoax tersebut.

     

    "Semakin banyak sosialisasi semakin masyarakat paham akan dampaknya. Terpenting ketahui dahulu sumber dan kebenarannya, jangan langsung makan mentah-mentah dan ikut share ke lainnya," pungkas Eko.

    Sumber:

    http://news.liputan6.com/read/2821169/olga-lydia-banyak-yang-tertipu-hoax-tahan-jempol-sebar-kabar

    Berita Terkait

    HOAX China Produksi Tasbih dari Babi & Berikut Daftar 10 Info Hoax, Ancaman Penjara Jika Anda Sebar Artikel

    Pemerintah RI melalui Kementerian Informasi dan Komunikasi kembali merilis daftar Info Hoax yang beredar via media sosial beberapa hari tera Selengkapnya

    Ujaran kebencian dan politik uang jadi ancaman terbesar Pemilu

    Ujaran kebencian dan politik uang menjadi ancaman utama dalam Pemilu 2019. Menurut peneliti Sindikasi Pemilu dan Demokrasi (SPD) Erik Kurnia Selengkapnya

    Dirjen APTIKA: Smartphone Dipakai yang Bermanfaat Jangan Sebar Hoaks

    Merdeka.com - Perkembangan digital saat ini setidaknya dapat membuat orang untuk semakin kreatif terhadap peluang bisnis yang ada. Misalnya Selengkapnya

    Apa Itu Palapa Ring yang Sempat Dibahas di Debat Kedua Pilpres?

    tirto.id - Pada debat capres putaran kedua yang berlangsung Minggu (17/2/2019) kemarin malam, salah satu topik yang menarik perhatian adalah Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA