FAQ  /   Tautan  /   Peta Situs
20 03-2017

14383

RDF-RPM Meeting 2017, Konsolidasi Pembangunan TIK Asia Pasifik

Kategori Berita Kementerian

Denpasar, Kominfo - Upaya percepatan pembangunan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) sekaligus pemetaan isu dan peluang di kawasan Asia Pasifik dibahas dan dirumuskan dalam penyelenggaraan Regional Development Forum (RDF) dan Regional Preparatory Meeting (RPM) pada hari Senin s.d. Kamis 20-23 Maret 2017 di Denpasar, Bali.

Sekretaris Jenderal Kementerian Kominfo Farida Dwi Cahyarini menjelaskan RDF merupakan wahana dialog tingkat tinggi bagi para pembuat kebijakan dari negara anggota International Telecommunication Union (ITU), stakeholders, dan akademisi di wilayah Asia Pasifik. Forum itu juga menjadi sarana berbagi pengalaman dan meningkatkan kesempatan kerjasama.

"Saya berharap proposal hasil rekomendasi pada forum ini bisa menjadi katalis dalam mencapai tujuan 'Connect 2020', menjembatani kesenjangan digital, serta berkontribusi dalam Suistainable Development Goals (SDG) bagi negara-negara Asia Pasifik," jelas Farida dalam Pembukaan Regional Development Forum (RDF) di Padma Hotel Bali, Senin (20/03/2017).

Lebih lanjut Farida mengatakan Indonesia berkomitmen penuh dalam mendukung tercapainya tujuan ITU dalam mengembangkan akses konektivitas, kesenjangan digital, dan inisiatif regional. Pemerintah Indonesia terus membangun dan mengembangkan konektivitas di daerah 3 T (tertinggal, terdepan dan terluar) melalui Proyek Palapa Ring.

"Pembangunan Palapa Ring telah di mulai untuk Paket Barat dan Tengah, sedangkan untuk Paket Timur tahap konstruksi telah di mulai Maret ini," tambah Farida.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Biro Telekomunikasi dan Pengembangan(BDT) ITU, Brahima Sanou, menyampaikan forum RDF ini menjadi tempat berbagi pengalaman dari para best practices. Ia juga menekankan pentingnya pembangunan ekosistem teknologi informasi dan komunikasi (TIK).

“Ekosistem TIK harus dibangun secara berkelanjutan, dengan terus mencari pendekatan kolaboratif. Saya percaya dengan pentingnya partnership dalam merangkul ekosistem TIK dan melihat lebih jauh lagi ke dalam sektor TIK. Saya harap kita dapat terus melanjutkan kolaborasi hebat ini,” tegas Sanou.

Forum Regional Development Forum (RDF) yang mengangkat tema “ICTs for Sustainable Development in Asia-Pacific" ini diikuti oleh 29 negara anggota ITU, dan juga anggota sektoral dengan total delegasi sejumlah 217 orang. (VE/VY)

comments powered by Disqus