FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    16 11-2017

    1307

    Makassar Raih Smart City Award 2017 dari Kemkominfo

    Kategori Sorotan Media | Steffani Dina
    Kota Makassar dinobatkan sebagai salah satu kota peraih Smart City Award 2017, pada acara malam penghargaan Gerakan Menuju 100 Smart City 2017 oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) Republik Indonesia, di Hotel Santika Premiere, Jakarta, Rabu (15/11/2017).

    JAKARTA - Kota Makassar dinobatkan sebagai salah satu kota peraih Smart City Award 2017, pada acara malam penghargaan Gerakan Menuju 100 Smart City 2017 oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) Republik Indonesia, di Hotel Santika Premiere, Jakarta, Rabu (15/11/2017).

    Menteri Kominfo RI, Rudiantara saat membuka seminar dan malam penghargaan Gerakan menuju 100 Smart City 2017 mengatakan bahwa smart city bukan tentang kemampuan membeli perangkat tekhnologi canggih, tapi bagaimana sebuah kota mampu merubah cara berpikir dan juga cara melayani masyarakat.

    Sejumlah kota telah berhasil melakukannya, termasuk kota Makassar yang dianggap sebagai pionir dalam melakukan inovasi di sejumlah layanan publiknya.

    "Contohnya layanan kesehatan, Makassar berhasil menciptakan pelayanan yang jauh lebih mudah diakses oleh warganya" ujar Rudiantara.

    Hal senada juga disampaikan oleh Rektor Perbanas Institute, Prof. Dr. Ir. Marsudi Wahyu Kisworo.

    "Kota Makassar berhasil membangun smart city tanpa menjadikan manusianya sebagai mesin. Ada pondasi kultur yang kuat dan berhasil ditanamkan disetiap inovasi yang dilakukan, yakni Sombere. Ini tentu keberhasilan wali kotanya dalam mengkolaborasi dua unsur penting ini, Sombere' dan Smart City," ujar Marsudi yang juga merupakan pendamping kota Makassar dalam menyusun masterplan smart city kota Makassar.

    Sebelumnya, lewat kerjasama Kementerian Kominfo RI dan Pemkot Makassar melalui Dinas Kominfo Makassar telah melakukan rangkaian bimbingan teknis penyusunan master plan smart city kota Makassar.

    Hal tersebut melibatkan hampir seluruh stakeholder, baik itu dewan smart city kota Makassar, tim tekhnis pelaksana smart city kota Makassar serta organisasi perangkat daerah se-kota Makassar.

    Selain Makassar, sejumlah kabupaten kota juga mendapat penghargaan serupa yakni, Kabupaten Banyuwangi, kota Tomohon, kabupaten Lombok timur, kota Sukabumi, kabupaten Badung, kota Samarinda, kota Bandung, kota Semarang, Tangerang, Sleman, Bekasi, Bogor, Cirebon, Pelalawan, Banyuasin, Bojonegoro, Gresik, Sidoarjo, Tangerang Selatan, Mimika, Kutai Kartanegara,Siak, serta Jambi. 

    Sumber: http://makassar.tribunnews.com/2017/11/16/makassar-raih-smart-city-award-2017-dari-kemkominfo

    Berita Terkait

    Ini Kampanye Pakai Masker ala Kemkominfo

    GUNA membangun kesadaran masyarakat agar dapat mematuhi protokol kesehatan secara disiplin, Kementerian Kominfo gencar melakukan upaya komun Selengkapnya

    Daftar 60 Hoaks tentang Virus Corona Temuan Kemkominfo

    Liputan6.com, Jakarta - Mewabahnya virus corona di Tiongkok hingga ke seluruh dunia membuat banyak orang Indonesia panik. Kepanikan warga di Selengkapnya

    Guru Besar UNS Dilantik Jadi Dirjen IKP Kemenkominfo

    Guru Besar Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosisial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Prof. Dr. Widodo Mukti Selengkapnya

    Peran Penting Startup Digital dalam Perekonomian Indonesia

    Jakarta - Sebagai bagian dari industri kreatif, keberadaan startup digital punya peran penting dalam perekonomian di suatu negara Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA