FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    24 09-2018

    1355

    E-Commerce Ditarget US$130 Miliar

    Kategori Sorotan Media | daon001

    Pemerintah menargetkan nilai transaksi E-Commerce mencapai US$130 miliar pada 2020. Untuk itu, pertumbuhan technopreneurs tengah digenjot hingga 1.000 start-up dengan valuasi bisnis yang mencapai US$10 miliar.

    Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menyampaikan, Indonesia sudah punya empat perusahaan rintisan digital (start-up) yang disebut unicorn atau memiliki kapitalisasi pasar di atas US$1 miliar. Perusahaan tersebut memanfaatkan potensi generasi milenial.

    "Zaky, pendiri Bukalapak, saat ini punya 4 juta vendor dan 20 juta pengunjung situs," ungkap Airlangga dalam keterangan resmi yang diterima, kemarin. Pertumbuhan technopreneurs dapat menumbuhkan industri kecil dan menengah (IKM) di dalam negeri.

    Karena itu, pemerintah telah memberikan kebijakan fiskal untuk IKM, seperti PPh final 0,5%. "Kami akan terus memudahkan IKM agar berkembang menjadi the next generation of business people," tutur Airlangga.

    Sebelumnya, saat menjadi keynote speaker pada acara Indonesia Forum 2018 Evolving Political, Economic, and Business Environment Going Into 2019 di Singapura, Jumat (21/9), Airlangga meyakini revolusi industri 4.0 membuka peluang pekerjaan baru, terutama yang bergerak di bidang digital. Dengan demikian, pemerintah dapat membentuk ekonomi baru menjadi ekosistem inovasi.

    Contohnya, inkubasi para start-up yang dilakukan Apple Developer Academy di Tangerang. "Selain itu, Apple berkomitmen membuka innovation centre serupa di Surabaya dan Batam. Mereka akan meluluskan sebanyak 400 orang dalam program satu tahun," tuturnya.

    Duta Besar Indonesia untuk Singapura Ngurah Swajaya menambahkan, saat ini investor Singapura masih memprioritaskan Indonesia sebagai tujuan investasi utama. Mereka menganggap ekonomi Indonesia cukup kuat dengan rata-rata pertumbuhan sebesar 5,17%.

    SDM

    Untuk menciptakan technopreneurs, kita membutuhkan sumber daya manusia (SDM) di sektor industri yang melek teknologi. Bila hal tersebut terealisasi, pertumbuhan ekonomi Indonesia dapat menembus 7% pada 2030 dengan didorong implementasi industri 4.0.

    Menurut Airlangga, tenaga kerja manufaktur mencapai lebih dari 17 juta orang atau berkontribusi 14,05% terhadap seluruh pekerja di ranah ekonomi. Untuk itu, pihaknya membuat program pendidikan vokasi yang link and match antara industri dan SMK. "Jadi, melalui program itu, lulusan SMK bisa langsung kerja sesuai kebutuhan era sekarang," ujarnya.

    Dari program itu, Kementerian Perindustrian melibatkan sebanyak 618 perusahaan dengan menggandeng hingga 1.735 SMK. Pihaknya juga menjalin kolaborasi dengan Swiss guna menggelar program skill for competitiveness (S4G) sebagai upaya pengembangan mutu politeknik di lingkungan Kemenperin.

    "Tujuannya meningkatkan kemampuan para mahasiswa agar siap menghadapi era digital. Misalnya, melalui pendidikan coding atau artificial intelligence," tuturnya.

    Sebelumnya, sekolah coding gratis, LAcademie, bekerja sama dengan 42 dari Prancis. Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menilai kerja sama tersebut berdampak baik pada ekosistem ekonomi digital di Tanah Air.

    Sekolah coding 42 terkenal memberikan pembelajaran secara gratis dan tidak memandang latar belakang pendidikan peserta, hanya memberikan syarat lulus tes masuk. LAcademie akan menerapkan sistem belajar tanpa guru dan project based learning yang telah diterapkan 42 di berbagai negara.

    Sumber Berita: Media Indonesia, halaman 15 (24-09-2018)

    Berita Terkait

    Satelit Satria Ditargetkan Meluncur 2023

    Menkominfo Johnny G. Plate menjelaskan peluncuran satelit Satria ini untuk mendukung pembangunan transformasi digital di Indonesia yang dimi Selengkapnya

    Menkominfo Targetkan Transaksi 2020 Rp 130 Miliar

    Sementara itu, ketika peluncuran program 1.000 start-up pada 2016, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara menyampaikan b Selengkapnya

    2030, Ekonomi Digital Tembus US$ 130 Miliar

    Jakarta - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara memprediksi dan yakin, transaksi sebanyak USS 130 miliar bisa dicapai d Selengkapnya

    Aturan e-Commerce Ditargetkan Terbit Oktober 2018

    Pemerintah menargetkan Peraturan Pemerintah (PP) terkait Transaksi Perdagangan Melalui Sistem Elektronik (TPMSE) terbit Oktober 2018. Saat i Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA