FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    01 10-2018

    871

    Gempa Donggala, Akses Telekomunikasi di Pesisir Sulteng Terputus

    Kategori Sorotan Media | daon001

    Buol - Gempa Donggala berimbas pada akses telekomunikasi di pesisir Utara Provinsi Sulawesi Tengah terputus total hingga kini. "Kami kesulitan mendapatkan informasi dari keluarga yang ada di Donggala sebab jaringan telefon seluler putus pascagempa," ujar Salim, warga Buol, Sabtu, 29 September 2018.

    Salim mengaku, salah satu putra dan keluarganya tinggal di pusat gempa dan tempat kejadian tsunami. "Kami hanya bisa menyaksikan dari tayangan televisi namun belum mengetahui kondisi keluarga yang ada disana," ujarnya.

    Puluhan warga Buol memilih menuju Donggala pada Jumat kemarin. Sekitar pukul 19.30 WITA, banyak kendaraan mengangkut puluhan warga menuju Donggala. Rata-rata kendaraan mengangkut warga melebihi kapasitas sebab semuanya ingin ikut.

    Hingga saat ini, jaringan telekomunikasi masih putus, meski akses transportasi darat di wilayah pesisir Utara itu dalam kondisi aman. Dari wilayah Kecamatan Tolinggula, Kabupaten Gorontalo Utara, jarak tempuh perjalanan darat menuju Kabupaten Buol, sekitar 5 jam. Adapun kondisi jalan tidak ada yang putus untuk bisa sampai ke Buol, namun jalanan banyak yang berlubang dan berkelok.

    Untuk menyelesaikan masalah terputusnya jaringan telekomunikasi usai gempa Donggala, pemerintah menugaskan Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informatika (BAKTI) untuk mengirimkan 30 unit telepon satelit.

    "Guna mendukung koordinasi penanganan bencana di Donggala dan sekitarnya," ujar Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, seperti dikutip dari siaran pers, Jumat malam, 28 September 2018.

    Sebelumnya, Kementerian Kominfo dan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah mengirimkan informasi gempa bumi melalui SMS ke pengguna telepon seluler di daerah Donggala dan sekitarnya pada hari Jumat sejak pukul 14.09 WIB. SMS 5 Blast dikirimkan sebanyak 7 kali. Adapun SMS peringatan dini tsunami telah dikirim pada pukul 17.02 WIB.

    Hingga berita ini ditulis, gempa Donggala berkekuatan 7.7 SR menyebabkan jaringan telekomunikasi di Donggala dan sekitarnya tidak dapat beroperasi. "Karena pasokan listrik PLN terputus," seperti dikutip dari siaran pers.

    Sumber berita : www.tempo.co (29/09/2018)

     

    Berita Terkait

    Menkominfo RI Dukung Infrastruktur Telekomunikasi di Wilayah Pariwisata Desa Pagerharjo Kulon Progo

    Menteri Komunikasi dan Informasi Republik Indonesia (Menkominfo RI), Johnny G. Plate melakukan kunjungan kerja dalam mendukung infrastruktur Selengkapnya

    Penggunaan Aplikasi Telekonferensi Naik 443 Persen Sejak Pandemi

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mencatat penggunaan aplikasi telekonferensi naik pesat hingga 443 persen sejak pandemi viru Selengkapnya

    Dirjen IKP: Optimalkan orkestrasi komunikasi 3 media untuk edukasi

    Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika Widodo Muktiyo mengatakan bahwa pemerintah merancan Selengkapnya

    Kemenkominfo bangun fasilitas telekomunikasi jelang KTT G-20

    Wakil Gubernur Nusa Tenggara Timur, Josef A. Nae Soi mengapresiasi terhadap Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) yang telah Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA