FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    01 10-2017

    1713

    Bertemu ITU, Bahas Slot Satelit

    Kategori Sorotan Media | Evita Devega

    Saya menemui Mr. Fran?ois Rancy selaku Direktur Radiocommunication ITU untuk lebih memastikan terjaminnya slot 108BT tetap aman untuk Indonesia,? tuturnya melalui keterangan resmi, kemarin.

    Sebagai Menkominfo, Rudiantara memang punya kewajiban untuk mengamankan slot satelit yang ditinggalkan Satelit Telkom 1, agar tidak digunakan oleh satelit lain.

    Rudiantara mengatakan, slot tersebut sebetulnya masih akan aman dalam jangka waktu tiga tahun ke depan. Namun, dia tetap harus berkomunikasi dengan pihak ITU.

    Komunikasi secara tertulis, kata Rudiantara, sudah dilakukan sesaat setelah Satelit Telkom 1 mengalami anomali. Surat tersebut berisi notifikasi bahwa satelit Telkom 1 tidak lagi beroperasi.

    Surat tersebut sudah diterima oleh pihak ITU. ITU menghargai surat notifikasi tersebut.

    Selanjutnya, katanya, Kominfo masih menunggu laporan kondisi terakhir dari Telkom. Setelah laporan tersebut diterima, Kominfo akan kembali menyampaikan surat kepada ITU.

    Mereka akan jawab dalam beberapa bulan ke depan,? ungkap Rudiantara.

    Slot yang digunakan satelit Telkom 1 itu rencananya akan digunakan oleh Satelit Telkom 4. Satelit tersebut dijadwalkan akan mengudara pada Agustus 2018.

    Namun, ada kemungkinan dipercepat karena perusahaan pembuat Satelit Telkom 4 mampu menyelesaikan satelit tersebut 60 hari lebih cepat dari rencana awal. 

    Sumber: https://radartegal.com/berita-nasional/bertemu-itu-bahas-slot-satelit.18148.html

    Berita Terkait

    BAKTI Bakal Sewa Satelit Nusantara Satu

    Jakarta - PT Pasifik Satelit Nusantara (PSN) merupakan salah satu pemenang tender kontrak transponder High Throughput Satellite (HTS) yang d Selengkapnya

    Pemerintah Evaluasi 4 Operator Satelit

    Jakarta - Pemerintah mengevaluasi empat badan usaha swasta calon pengelola satelit penunjang sistem pertahanan Indonesia di slot orbit 123 d Selengkapnya

    Perluas Jangkauan, BRI Siap Tambah Satelit

    PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. tengah menunggu restu regulator untuk menambah satelit baru guna menjangkau seluruh jaringan di Tana Selengkapnya

    Sistem TI Asian Games Siap Dioperasikan

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) memastikan sistem teknologi informasi (TI) selama ajang Asian Games 2018 siap untuk di Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA